Daftar Harga Tarif Listrik Naik Lagi 1 September 2014

Pemerintah balik menambah tarif tenaga listrik per 1 September 2014. Bersama kenaikan kesempatan ini diprediksikan dapat menghemat biaya subsidi seputar Rp 17,36 triliun.

Jero Wacik menyampaikan, kenaikan itu tentu adalah skema kenaikan dengan cara berkala yang telah diputuskan sama pemerintah dan telah disosialisasikan pada orang-orang serta pelaku usaha hingga tak butuh dipersoalkan.

“Tadi terdapat yang bertanya bahwa hari ini listrik naik lg. Tersebut bukanlah naik lg, namun kan tentu skemanya tersebut demikian, naik dengan cara bertahap, ” tutur Jero seperti yang dilansir dari liputan6.com.

Berdasarkan Jero, contohnya yang sudah diterangkan ketika mula, kenaikan itu mempunyai tujuan untuk kurangi beban subsidi bidang daya. Contohnya yang sudah disetujui kenaikan tarif ini dikerjakan bertahap supaya tak memberatkan beberapa customer listrik.

“Kenaikan tersebut ketika 1 Juli, lalu di September. Ini kan dicicil agar tak sekalian. Yang kesempatan ini tentu ini angsuran selanjutnya, tiap-tiap tgl 1, agar tak terlampau berasa, ” jelasnya.

Contohnya di ketahui, kenaikan ini dikenakan untuk delapan kelompok customer PT PLN (Persero). Kelompok customer yang alami kenaikan tarif listrik itu terbagi dalam 2 step.

Pertama yakni kelompok industri menengah terbuka (I3) bersama kenaikan 8,6 % tiap-tiap 2 bln serta industri besar (I4) kenaikan 13,3 % tiap-tiap 2 bln.

Ke-2 kelompok itu telah alami kenaikan dari 1 Mei 2014. Kenaikan tarif listrik yang bakal diaplikasikan 1 September ini adalah step ketiga.

Lalu step ke-2 yakni enam kelompok lain naik dari 1 Juli 2014 dengan cara berkala tiap-tiap 2 bln hingga November ialah industri I3 non terbuka (tbk) dinaikkan dengan cara bertahap 11,57 %.

Customer rumah tangga R3 bersama 3.500-5.500 voltampere (va), naik bertahap 5,7 %, customer pemerintah (P2) bersama daya di dari 200 kilovolt ampere (kVA). Kenaikan dengan cara bertahap tiap-tiap 2 bln sebesar 5,36 %.

Kelompok rumah yang (R1) bersama daya 2.200 VA serta alami kenaikan bertahap rata-rata 10,43 % tiap-tiap 2 bln.

Kelompok customer penerangan jalan umum (P3) alami kenaikan bertahap sebesar 10,69 %. Kelompok customer rumah tangga (R1) bersama daya 1.300 VA yang kenaikan bertahap 11,36 %. Kenaikan tarif listrik dari 1 September untuk enam kelompok customer PLN itu masuk step ke-2 supaya kurangi beban subsidi.

About ocim
Hanya seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: