Cara Membuat Kata Sandi (Password) Yang Aman

Pada memakai internet kita kadang-kadang mesti memakai profil yang satu diantara prasyarat masuknya memakai password dengan kata lain keyword. Lantaran demikian banyak profil yang di buat di internet, kadang-kadang seseorang pemakai pilih memakai password yang sama untuk seluruh profil yang dipunyainya. Hak tersebut ia kerjakan lantaran cemas bila bersama password yang tidak sama kelak bakal terlupa.

Bagaimanakah tanggapan ahli keamanan internet tentang hal tersebut? CEO service keamanan LastPas Joe Siegrist menyampaikan gagasannya bahwasanya memakai password yang sama untuk seluruh service internet sangatlah beresiko. Kesibukan contohnya tersebut seperti orang yang mempunyai banyak rumah namun kuncinya Hanya satu hingga demikian jatuh ke tangan orang lain maka seluruh tempat tinggalnya akan di buka bersama gampang.

Gagasannya mengacu di keumuman kesibukan beberapa peretas yang bakal senantiasa mengujikan suatu password yang sukses ia pecahkan di akun-akun lain dari yang memiliki profil yang sukses diretas itu. Maka dari tersebut memakai password yang sama untuk seluruh service internet yang diikutinya sama juga dngan bunuh diri. Maka dari tersebut ia terus merekomendasikan beberapa pemakai password untuk memakai password yang tidak sama untuk tiap-tiap service yang diikutinya.

Sekarang ini, umumnya service internet telah mengaplikasikan system 2 tahap untuk system passwordnya hingga dipercaya dapat meminimalkan masalah pencurian data di internet. Untuk yang cemas terlupa password, Siegrist merekomendasikan supaya beberapa pemakai memakai beberapa aplikasi pendukung. Ia mengatakan 2 aplikasi yang telah popular, yaitu LastPass buatan dari perusahaan yang ia pimpin serta 1Password.

Tips membuat kata sandi yang kuat dan aman

Jangan pernah memberikan kata sandi Anda kepada siapa pun. Jangan pernah berikan kepada teman, yang paling baik sekalipun. Teman dapat memberitahukan kata sandi Anda kepada orang lain tanpa sengaja, atau menjadi bekas teman bagi Anda dan menyalahgunakan kata sandi itu.

Jangan hanya menggunakan satu kata sandi untuk beberapa situs web. Jika seseorang menemukan kata sandi tunggal itu, mereka dapat menggunakannya untuk membobol account Anda di situs lain.

Buatlah kata sandi yang mudah diingat namun susah ditebak oleh orang lain. Pikirkan frasa seperti “Aku selesai kuliah tahun 2004” dan gunakan huruf depan dari setiap kata ini menjadi: “Askt2004.”

Buatlah kata sandi dengan panjang sedikitnya 8 karakter. Semakin panjang, semakin baik. Kata sandi yang panjang lebih sulit dipecahkan oleh pencuri.

Gunakan nomor, huruf besar, dan simbol. Jika situs webnya memungkinkan, gunakan $ sebagai pengganti S atau 1 sebagai pengganti L atau gunakan & atau ! – namun ingat bahwa $1ngle BUKAN kata sandi yang bagus. Pencuri kata sandi akan memecahkannya. Namun t$sa0 (singkatan dari “temanku Sam sangat asyik orangnya”) dapat menjadi kata sandi yang bagus.

Pertimbangkan menggunakan pengelola kata sandi. Ada beberapa program atau layanan Web yang memungkinkan Anda membuat kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap situs. Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi untuk mengakses program itu atau situs aman yang menyimpan kata sandi Anda. Dua di antara program ini adalah RoboForm (khusus Windows) dan Lastpass (Windows dan Mac).

Jangan tertipu serangan “phishing”. Hati-hati sebelum mengklik link apa pun yang meminta Anda untuk login, mengubah kata sandi, atau memberikan data pribadi, meskipun permintaan itu tampaknya berasal dari situs yang sah. Bisa jadi permintaan itu adalah “phishing” dan informasi yang Anda berikan akan masuk ke peretas (hacker). Apabila ragu-ragu, login-lah secara manual dengan mengetikkan URL yang Anda tahu untuk situs itu di jendela browser.

Pastikan komputer Anda aman. Kata sandi terbaik di dunia tidak akan berguna jika seseorang mengintip dari balik pundak saat Anda mengetik (di kehidupan nyata maupun secara maya) atau jika Anda lupa logout dari komputer yang dipakai bersama. Perangkat lunak jahat, termasuk “keyboard logger” yang merekam semua ketukan tombol, dapat mencuri kata sandi dan informasi lainnya. Untuk meningkatkan keamanan, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak antivirus dan sistem operasi yang mutakhir.

Pertimbangkan juga “kata sandi” untuk ponsel Anda. Banyak ponsel dapat dikunci sehingga satu-satunya cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan kode tertentu. Orang dapat menemukan atau mencuri ponsel yang tidak terkunci dan menggunakannya untuk mencuri data pribadi, melakukan panggilan, atau mengirim sms yang seolah-olah berasal dari Anda. Pengguna ponsel Anda dapat mengirim sms yang seolah-olah Anda melecehkan kontak di buku alamat Anda dengan gambar atau perkataan yang tidak pantas.

sumber

About ocim
Hanya seorang blogger yang menyukai dunia internet marketing

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: